DIY Makeup Setting Spray: Cara Murah Bikin Makeup Awet ala Anak Farmasi

Assalamu'alaikum..

Alohaaa rasanya sudah lama sekali aku gak nulis hehe, kali ini aku akan berbagi cara agar makeup tetap awet tahan lama, khususnya untuk wajah berminyak. Salah satunya pakai setting spray sebagai tahap akhir dari makeup. Teknik ini sedang trend dikalangan makeup enthusiast. Nggak heran kalau akhir-akhir ini banyak banget produsen kecantikan ngeluarin produk setting spray, dari mulai yang drug store sampai produk high end. 

Padahal mah, kandungan dari setting spray sendiri didominasi oleh air alias water 😆. Nahlohhh,, coba sekarang reader baca ingredients dari setting spray yang udah kalian punya, pasti ada "aqua". Sooooooo,, kalian gak perlu repot beli, cukup bikin sendiri aja. Nah,, berikut ini cara simpel bikin setting spray.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

1. Aloe vera gel

Merek apa saja, kali ini aku pakai aloe vera gel dari guardian, karena kandungan aquanya sudah banyak, jadi ketika dicampur tidak terlalu kental. Aloe vera gel sendiri berfungsi untuk mempertahankan kelembapan kulit secara alami, mencegah bakteri penyebab jerawat, mengecilkan pori-pori, dan bisa sebagai tabir surya alami anak farmasi berqoola. Beberapa setting spray yang dijual dipasaran juga mengandung aloe vera. 

2. Air mawar viva cosmetics

Reader pasti udah gak asing sama produk satu ini. Dari jaman belom lahir sampe sekarang, air mawar viva tetap jadi favorit. Nah,, air mawar juga banyak manfaatnya lho, seperti menyegarkan, mencerahkan kulit, mencegah jerawat, dan memberi efek relaksasi dari aroma mawarnya.

3. Air mineral

Nahlohh kenapa ada air mineral? 😝. Buat reader yang masih bingung, biar aku jelaskan sedikit. Jadi, setiap produk kosmetik yang bermasa cair pasti ada kandungan "aqua". Nah, fungsinya hanya sebagai pelarut saja, supaya semua zat yang terkandung didalamnya tercampur sempurna. FYI nii yaa arti "aqua" bukan berarti air aqua yang biasa kita minum >.<, tapi aquadest/aqua destilata, merupakan air yang sudah melalui tahap penyulingan sehingga menjadi air murni (H2O) yang bebas dari mineral. Kalo air mineral yang biasa kita minum, itu masih banyak mengandung mineral, tapi so far keduanya punya fungsi yang sama, yaitu sebagai pelarut (oke sip masih inget ilmu farmasinya ternyata 😆). Nah, sebagai pengganti aqua sebagai pelarut tadi, aku pakai air mineral. 

4. Botol spray

Kalau barang satu ini mah bisa pakai botol bekas parfum atau beli di pasar. Kalau aku beli di toko tempat jual alat-alat praktek farmasi di dekat kampus (maklum dulu sering mecahin alat laboratorium, jadi sering bolak balik beli alat buat gantiin jangan dicontoh). 

Stuff you need
How to make????

1. Bersihkan dan bilas botol 

Sebelumnya botol aku cuci bersih pakai sabun dan dilap sampai kering menggunakan tissue. Sebelum dimasukkan bahan-bahan, aku bilas pakai air mineral yang nanti bakal aku pakai sebagai pelarut. 



2. Masukkan aloe vera gel sebanyak 8-9 pump



3. Tambahkan air mawar viva sebanyak 5 mL atau sampai 1/4 botol

FYI disini aku pakai pipet tetes, supaya agak lebih presisi aja 5 mL (mulai dah farmasinya keluar). Oiya setalah menambahkan air mawar viva, jangan lupa dikocok (caranya aku jelaskan diakhir tulisan), sampai benar-benar homogen (aliass larut)



4. Lalu, tambahkan air mineral sampai batas botol

FYI jangan terlalu penuh, supaya nanti gampang untuk dihomogenkan (kalo kata kita mah dicampur)


upss kayaknya kepenuhan 😣, semoga masih bisa campur. 
Warnanya memang akan keruh, tapi jangan khawatir karena akan dihomogenkan (aka dicampur) dengan cara dikocok. Nahh cara mengocoknya juga gak sembarangan lhoo, bukan kayak ngocok minuman soda,melainkan seperti melarutkan (rumus anak farmasi kalo bikin obat). Aku beri contohnya seperti video berikut ini


dannn tadaaaa jernih kann jadinya, dan gak menimbulkan banyak busa 😀😀. Kuncinya, setiap mencampurkan bahan, jangan lupa selalu dikocok dengan cara tadi, supaya semua bahan terlarut sempurna (homogen). 

siap semprottt







































Comments

  1. aku juga pakek sis. tapi aku tambahin viva astrigent cucumber bagus bangett buatt nahan minyak pakr face mist buatan sendiriii.

    ReplyDelete
  2. NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Memegang Gelar atau title sebagai AGEN BANDARQ Terbaik di masanya

    Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66(NEW GAMES)

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    WHATSAPP : +855967014811
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    berita nagaqq/
    agen bandarq terpercaya/
    Kemenangan NagaQQ/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita Wajahku : Skin Care Pilihan Untuk Wajah Kusam

Liburan Hemat ke Jogjakarta

Cara Jitu Hindari Kosmetik Palsu

REVIEW : Contour Kit La Tulipe, Harga Ekonomis Kualitas Terbaik

REVIEW: Catrice High Lighting Eyeshadow & Prime and Fine Professional Contouring

Diet Sehat, Turun 4-6 kg Dalam Seminggu

#OOTD: Inspirasi Busana Santai Untuk Liburan

#OOTD: Tampil Kece Dengan Outfit Sederhana

[DIY] Cara Mudah Mengawetkan Bunga