Cerita Wajahku : Skin Care Pilihan Untuk Wajah Kusam

Assalamu'alaikum..
Waduh, udah 2 bulan lebih aku gak nulis ;(. Maafkan karena ada kewajiban lain yang harus aku lakukan. Hmmm,, lain kali akan kuceritakan di blog yaa stay tune 😄😄😙😙. 

Sebagai pembuka, hari ini aku mau berbagi info mengenai skin care routine. Karena cukup banyak yang nanya "Rif, lo pake perawatan wajah apa sih?", "Lu ke dokter mana dah rif?". Nah, pertanyaan itu juga yang dulu aku tanyain ke orang, karena dulu aku cukup gerah dengan kondisi kulit wajah yang... (liat sendiri aja difoto, sedih klo diceritain mah 😫😫).  

Yang udah baca insta story aku, mungkin sudah tau cerita awalnya. Klo belum,, oke aku akan ceritakan sedikit. Jaman dahulu kala,,,, saat dibangku SMA, bahkan sampe sekarang aku cuek dengan kondisi wajah. Wajah dekil, item, jerawatan, berminyak, cukup jadi gambaran diriku kala itu. Jelas, cuci muka aja males, apalagi pake bedak. Sekali nyium bau bedak aja udah bersin-bersin. Sampe dapet julukan 'Rifka si anti bedak', 'Rifka si waterproof' *sedih gak sih. 

Mamaku akhirnya gerah dan berkali-kali nyuruh ke dokter kulit. Sampai akhirnya di bangku kuliah, aku  masih aja cuek bebek. Suatu hari, saat berkaca di kamar kosan yang sederhana #EAAA. "Gilak, muka gue gak karuan bangettt, oke fix gue harus perawatan". Langsung searching dan nanya ke orang2 tentang perawatan wajah yang cocok buat aku. 

<2012> is that me ?
So, aku memutuskan untuk ke klinik kecantikan 'Eva Mulia'. Sejak saat itu, wajahku mulai ada perbaikan. Memasuki tahun ke-3, aku mulai males karena diharuskan pakai krim pagi, krim malem, milk cleanser, toner, sunscreen. I've done, aku stop pakai krim-krim itu. Alhamdulillah wajahku tetap normal dan gak seperti muka porselen yang dihiasi rona merah gak wajar *apa sih rif?, yaa pokoknya gitu lah. 

Aku cuman rajin bersihin wajah tiap malam pakai sabun batangan dari eva mulia, kadang sabun muka apa aja 😂😂. Dan belajar make up dikit-dikit lewat youtube dan blog. Mayan lah ya,, ilmunya kepake sampe sekarang. Tepat 4 bulan lalu, ada suatu event untuk cek kondisi wajah. So, aku memberanikan diri. FOILAAAA,, ternyata wajahku kering banget, kurang cairan, dehidrasi, dan parahnya, udah mulai ada flek hitam di kulit dermis (kulit bag. dalam). Klo dibiarkan, akan muncul ke kulit bagian luar, dan itu susah bangettt buat ngilanginnya. 

Sejak saat itu, aku kelabakan dan langsung keliling drug store untuk cari serum yang bisa menghilangkan flek tersebut. Dari beberapa apotek yang aku sambangi, mereka bilang belum ada serum yang bisa ngilangin flek hitam di dermis. What must i do? 😫😫. Mulai searching.. dan beberapa kali ada salah satu produk krim wajah yang menawarkan. Tapi, oh no,, gak deh, karena aku tipe orang yang mager banget klo pake krim-krim macem itu. Jadi, aku memutuskan pakai produk drug store dan berkonsultasi langsung ke apoteker di apotek. (mentang-mentang anak farmasi, jadi selektif gtu). Nah,,, ini dia produk drug store yang aku pakai hingga kini.

1. Acne sulfur

Nah, klo ini aku beli di klinik eva mulia. Disana, aku cuman beli sulfurnya aja. Karena ampuh banget buat ngempesin jerawat bandel. Mulai dari yang kecil-kecil beruntusan, sampe yang segede gaban. Selain itu, sulfur juga punya fungsi sebagai anti inflamasi, jadi setelah jerawat kempes, gak nimbulin noda merah. Dipakai selama 2-3 hari selama jerawat meradang. Catatan, ketika dipakai memang perih gitu, tapi setelahnya gak.

2. Illuminare Brightening Spots Corrector  Gel

Source : Apotek Century
Aku beli di apotek century. Fungsinya, untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Dipakai setelah pakai sulfur tiap malam sebelum tidur. Cukup dioleskan tipis aja dibagian bekas jerawatnya. Dan, ini ampuh banget. Kurun waktu 3 hari, bekas jerawatku hilang. 

3. Paket complete kit dari melanox
source : melanox
Nah, ini yang baru aku pakai setelah mengikuti event melanox 2 minggu lalu. Sekalian aku konsultasi tentang kondisi wajahku. Dan aku rasa, produk ini cocok buat aku yang 'mager' banget buat make perawatan ini itu. Dalam satu paket ini sudah terdiri dari cleansing gel, toner, premium serum, dan sunscrean spf 30. Lengkap banget, packagingnya juga simpel, praktis dibawa kemana-mana. 

Facial Cleansing Gel 40 mL
Ini dia, cleansing gel yang cocok banget untuk kulit kering. Oiya, catatan.. buat kamu yang punya jenis kulit kering, pilihlah sabun muka yang sedikit busanya, jangan yang banyak busa. Karena bisa bikin kulit kamu makin kering.

Skin toner 40 mL


Supaya makin lengkap, setelah cuci wajah pakai cleansing gelnya, pakai toner untuk membersihkan sisa-sisa kotoran/make up yang masih nempel. Toner ini juga bikin efek glowing setelah dipakai lho..

Premium advance formula whitening serum 7 g
Ini dia produk andalan melanox, whitening serumnya. Selain mencerahkan, ini juga dilengkapi moisturizer, jadi juga bisa melembabkan. Usut punya usut, kabarnya mengandung hydroquinone, kalaupun mengandung hydroquinone, itu masih dalam dosis/takaran normal, yakni 2% untuk krim topikal. Hydroquinone, berbahaya jika dosisnya melebihi 10% dan dipakai secara terus menerus. Oiya, khusus untuk ibu hamil dan menyusui, aku rasa jangan pakai produk ini, karena khawatir akan berpengaruh ke janin dan ASI.Tapi kalau teman-teman kekeh tetep mau pakai, konsultasikan dulu ke dokter kandungan. Aku-pun sangat jarang pakai produk ini, jika ada noda hitam atau bekas jerawat bandel aja.    

Face UV protector SPF 30 10 g
Khusus UV protector, ini andalanku setelah dd cream wardah. Teksturnya lembut dan gak bau sama sekali (umumnya, sunscrean punya aroma yang aneh). Juga bisa melembabkan. Biasa aku pakai sehari-hari klo pakai make up sederhana. Nah, kalau acara formal, baru aku pakai dd cream wardah. Karena sudang mengandung formula bb cream.

Nah, itu dia deretan drug store untuk wajahku. Disini, aku tidak mengajak teman-teman untuk pakai produk sepertiku, aku hanya kasih sedikit referensi aja, barangkali bermanfaat untuk teman-teman semua. Tips dariku, sebelum memulai perawatan wajah, ketahui dan pahami kondisi wajah kamu terlebih dahulu, supaya gak salah pilih produk. Karena pada dasarnya kondisi kulit tiap individu bervariasi. Usahakan konsultasikan ke ahli ya,, jangan asal pakai krim wajah. Duh,, sekarang rawan banget sama produk ilegal yang berbahaya. Aku juga kasih tips membedakan kosmetik asli dan palsu di sini

Taraaaa,, transformasi wajahku di tahun 2017. Tolong jangan ada yang bilang ini oplas 😟😟. Karena aku sendiri juga kaget 

<2017> OPLAS ?!?! NO !

Comments

  1. Kak melanoxnya beli dimana ya? Soalnya aku cari di shopee gak ada. Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang complete kit ada di watson (offline store), atau di gogobli.com ;'). Maaf ya baru baless aku baru buka blog ;'(

      Delete
    2. Mbak, yang Illuminare Brightening Spots Corrector Gel aman gak buat ibu menyusui? Kusam banget nih muka ku sm bekas jerawatnya itu :"

      Delete
    3. HI, salam kenal mba :) maaf aku baru bales. illuminare brightening spots mengandung Alpha Arbutin yang merupakan pengganti mercuri dan hidrokuinon, senyawa ini berasal dari tumbuhan bearberry, dan jauh lebih aman daripada mercuri dan hidrokuinon, jadi mnrut saya aman digunakan untuk busui/ibu hamil. Tapi kalau mba Miyazawa masih ragu, pakai bahan alami saja seperti jeruk nipis, mentimun, bengkoang, atau tomat. ditambah pakai tabir surya yang aman untuk busui setiap keluar rumah :)

      Delete
  2. Harga illuminare brightenning spot nya berapa

    ReplyDelete
  3. K,pas pemakaian cream Eva gmn k hasil wajah nya?putih sperti yg di foto bawah itu bukan k??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebulan pakai kulit jadi lebih cerah :), bukan putih buatan hehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DIY Makeup Setting Spray: Cara Murah Bikin Makeup Awet ala Anak Farmasi

Liburan Hemat ke Jogjakarta

Cara Jitu Hindari Kosmetik Palsu

REVIEW : Contour Kit La Tulipe, Harga Ekonomis Kualitas Terbaik

REVIEW: Catrice High Lighting Eyeshadow & Prime and Fine Professional Contouring

Diet Sehat, Turun 4-6 kg Dalam Seminggu

#OOTD: Inspirasi Busana Santai Untuk Liburan

#OOTD: Tampil Kece Dengan Outfit Sederhana

[DIY] Cara Mudah Mengawetkan Bunga