Diet Sehat, Turun 4-6 kg Dalam Seminggu

Assalamu'alaikum

Yuhuu,, bagaimana kabarnya usai liburan?, jangan bilang BB naik lho yaa (xoxo). Kali ini aku akan nulis hal yang cukup sensitif, hmm, soal berat badan. Banyak yang dilema soal BB termasuk aku. Tahun lalu, aku cukup resah dengan BB aku yang tergolong "gemuk" horor banget lho!😣. Dengan tinggi cuman 166 cm, BB aku 65 kg++. Bayangin segede apa coba badan ini (macem dugong terdampar). Ditambah omongan orang-orang yang bilang gendutan-lah, cabian-lah, etc yang cukup jadi beban pikiran kala itu. Bosan dengan omongan dan badan yang berasa begah, akhirnya aku memutuskan untuk diet seumur hidup gak pernah niat diet. Baru kali ini aku bulatkan tekat untuk diet. Awalnya aku coba mengurangi porsi makan sampai terbiasa. Tapi apa daya, sekitar bulan Februari 2017, aku sempat magang disalah satu kanal berita online yang kerjaannya depan laptop seharian, kalo gak ngemil apa lagi coba. Akhirnya kandas usaha diet aku, malah naik 2 kg makin horor.  

Setelah masa magang selesai, aku dituntut rutinitas yang cukup, bahkan lumayan sibuk, apalagi kalo bukan "skripsweet alias skripsi", mulailah dari situ BB berangsur turun sampai jarum timbangan diangka 63 kg (lumayan lah yaa). Sampai akhirnya aku menemukan cara diet yang simpel dan konon hasilnya langsung terasa. Aku niatkan jalani diet GM. Mungkin reader ada yang pernah dengar atau menjalani diet GM. Jadi sebenarnya program diet ini ditujukan untuk karyawan General Motors Corporation (USA) tahun 1980-an supaya karyawannya tetap punya BB ideal. Program diet ini hanya memakan waktu seminggu dengan pengaturan menu makan. Awalnya aku ragu untuk menjalani diet ini, karena ngerasa "ribet" aja kalau harus ngatur menu makan. Tapi apa boleh buat, dengan modal bismillah duilehh aku jalani program diet ini. Ini dia aturan menu makan dari diet GM.

1. Hari pertama

Dihari pertama, aku cuman makan buah saja. Apapun jenisnya kecuali pisang. Aturannya boleh makan sepuasnya dan sekenyang-kenyangnya. Karena perut yang terus-terusan ngedumel, hampir setiap 30 menit aku makan buah (berasa nyemilin sukro). Awalnya badan terasa lemas, karena sebelumnya terbiasa dengan asupan makanan porsi super., tapi harus kuat, harus kuat. Dihari pertama ini, resultnya aku turun sekilo, jadi sekarang 62kg. (Semangat!!)

2. Hari kedua

Hari kedua, menunya hanya sayuran, apapun jenisnya sampai kenyang. Gak mau bosen sama menu sayuran yang itu-itu aja, aku coba bikin sendiri tumben masak. Reader juga bisa coba ikutin menu sayuran aku disini. Badan mulai terasa enteng dan gak begitu lemas. Akhirnya aku coba selingi olahraga ringan berupa sepeda statis selama 15 menit. Ada beberapa orang bilang kalau diet GM gak perlu olahraga, tapi bagiku apapun jenis diet tetap butuh olahraga untuk melancarkan metabolisme tubuh, jadi proses pembakaran lemak lebih cepat (bahasa farmasinya keluar dah). Foilaa dihari kedua BB ku 60kg. 

3. Hari ketiga

Menu makan hari ketiga, mulai bervariasi karena sudah boleh makan buah dan sayuran. Aturannya tetap sama, sekenyang-kenyangnya. Ditambah olahraga ringan selama 15 menit. Karena gak mau ribet, aku tetap olahraga sepeda statis (xoxo). Disini badan mulai terasa kecilan, yang tadinya super cabi, jadi tirus 😄😄. Pantas sajaa dihari ketiga ini, BB aku sudah 59kg. (yipyip horee!).

4. Hari keempat

Nah,, dihari keempat ini yang menurut aku paling berat. Karena cuman diperbolehkan makan 4 buah pisang sunpride dan 4 gelas susu low fat, tentunya sambil siselingi olahraga. Bawaanya laperan mulu, makan pisang berasa cuman makan sisaan rengginang, karena mulut pengen ngunyah terus. Dengan tekat bulat, akhirnya berhasil melalui hari terberat ini. Tapi sayang sekali, BB aku gak turun. Awalnya hopeless karena merasa usaha selama ini sia-sia. Tapi aku berfikir masih  tersisa 3 hari lagi, mungkin ini prosesnya jadi aku jalani sampai hari terakhir. 

5. Hari kelima dan hari keenam

Menu makanan hari kelima dan enam sama, sudah boleh makan makanan yang mengandung protein seperti telur, ikan dll. Tapi dengan syarat harus direbus atau panggang (tanpa minyak kelapa) sambil diselingi buah, sayuran, dan olahraga. Disini BB aku masih tetap stabil di 59kg. Oke hari terakhir harus turun lagi!. 

6. Hari ketujuh

Sampai akhirnya dihari ketujuh. Berdasarkan anjuran diet GM, sebenarnya dihari ketujuh ini sudah diperbolehkan makan nasi, hanya 4 sendok makan sekali makannya. Tapi berhubung BB aku belum turun juga, aku memutuskan tetap pakai menu hari sebelumnya. Benar saja, BB aku turun sampai diangka 58kg. Jadi total selama diet GM, BB aku turun 5kg, dari 63kg ke 58kg.

Usai masa diet, aku harus tetap menjaga BB stabil. Kesalahan yang sering terjadi, ketika program diet selesai langsung kalap (gimana BB gak naik lagi coba, malah bisa 2 kali lipat). Akhirnya aku coba jalani OCD ala Deddy Corbuzier. Reader pasti sudah tidak asing lagi dengan program diet ini, boleh makan apa saja tapi dengan aturan waktu. Aku jalani aturan 6 jam, jadi mulai dari pukul 12 siang sampai 6 sore, aku bebas makan apa saja, selebihnya puasa makan. Selama OCD ini, BB aku turun jadi 57kg. Baju yang dulunya kekecilan sekarang muat lagi, malah longgar. Size baju juga menurun, sebelumnya XL sekarang M 😂😂(terhura,,eh terharu). Tapi gak selama itu juga aku tahan dengan OCD, ada kalanya aku lepas dari program diet apapun, tapi tetap jangan kalap, dan yang aku rasakan usai program diet, porsi makanku jadi berkurang. Biasanya 6 sendok makan nasi, sekarang 4 sendok makan aja sudah kenyang. Biasanya kalap sama porsi makanan kalau lagi jajan diluar, sekarang sering gak habis karena sudah kekenyangan. Dari beberapa sumber yang aku baca, ternyata diet GM bisa mengecilkan ukuran lambung dengan cara mengurangi pasokan makanan ke lambung (aturan menunya), jadi setelahnya akan cepat kenyang. 

Ada pro dan kontra terkait diet GM, khususnya bagi penderita mag (termasuk aku). Tapi menurutku, sesuiakan saja aturan diet dengan kondisi kita. Karena itu, khusus bagi penderita mag, diet GM hanya dianjurkan sebulan atau 2 bulan sekali. Jadi apapun jenis dietnya tetap disesuaikan dengan porsi dan kemampuan tubuh kita masing-masing. Jangan terlalu dipaksa karena tidak baik nantinya (sokyee bgtt). Dannn yang paling penting niat dan tekat yang kuat 💪💪💪💪. Semangatt yang masih diet! aku padamu (padahal lagi diet #lagi)


BEFORE DIET zaman Jahiliyah, badan seperti dugong 😢


AFTER DIET ups,, baju dan celana longgar cyinn. 





















Comments

  1. untuk melakukan diet yang benar memang harus memperhatikan dan menjaga pola makan ya mas, ada juga sih Wanita Yang Tidak Melakukan Diet Tetapi Tetap Bertubuh Langsing tapi ngga semua seperti itu ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita Wajahku : Skin Care Pilihan Untuk Wajah Kusam

DIY Makeup Setting Spray: Cara Murah Bikin Makeup Awet ala Anak Farmasi

Liburan Hemat ke Jogjakarta

Cara Jitu Hindari Kosmetik Palsu

REVIEW : Contour Kit La Tulipe, Harga Ekonomis Kualitas Terbaik

REVIEW: Catrice High Lighting Eyeshadow & Prime and Fine Professional Contouring

#OOTD: Inspirasi Busana Santai Untuk Liburan

#OOTD: Tampil Kece Dengan Outfit Sederhana

[DIY] Cara Mudah Mengawetkan Bunga